Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran
barang dan jasa. Menurut Kotler dan Keller (2004:6) menyatakan bahwa pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat
proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada
pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan
organisasi dan para pemilik.
Definisi pemasaran menurut Stanton dalam
Swastha (2001:5) menyatakan bahwa pemasaran
adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli maupun pembeli
potensial.
Kesimpulan dari dua definisi tersebut
diatas adalah bahwa pemasaran mencakup usaha yang dimulai dengan
mengidentifikasikan kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan
produk-produk yang hendak diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai,
menentukan cara-cara promosi, dan penyaluran atau penjualan produk tersebut.
Dapat dikatakan bahwa pemasaran menciptakan hubungan pembeli dan penjual dimana
masing-masing pihak sama-sama mencari kepuasan. Kedua keputusan ini dapat
dipertemukan dengan cara mengadakan suatu hubungan pertukaran yang bersifat
saling menguntungkan kedua belah pihak. Kedua definisi diatas bersandar pada
konsep inti yaitu adanya kebutuhan, keinginan, permintaan, produk, (barang,
jasa, dan gagasan), nilai, biaya, kepuasan, dan pertukaran.
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan
pokok yang wajib dilakukan oleh perusahaan agar dapat eksis ditengah persaingan
dan pertumbuhan pasar yang kompetitif. Konsumen pada saat ini dihadapkan pada
berbagai macam pilihan dari para produsen yang berlomba-lomba untuk dapat
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu adalah hal yang
wajar apabila konsumen mencari keunggulan suatu produk, baik dari segi
kualitas, nilai, atau biaya ketika mereka memiliki produk yang ditawarkan.
1.
Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran: Edisi Milenium, Jilid I dan II, Jakarta : Prenhalindo.
2.
Swastha, B. 2001. Asas Asas Marketing. Yogyakarta : Liberty Offset.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar